CHARACTER BUILDING KELAS 7

PENANAMAN“I CARE” DALAM KEGIATAN CHARACTER BUILDING KELAS 7

SMPK PENABUR KOTA WISATA

 I CARE” merupakan sebuah tema yang diusung oleh SMPK PENABUR Kota Wisata dalam kegiatan Character Building bagi siswa kelas 7 tahun ajaran 2015-2016 ini. I (saya), C (Christ) yang memiliki makna fokus pada Kristus, A (Accountable) dapat diandalkan, R (Responsive) cepat tanggap, dan E (Extramile) selalu memberikan lebih. Tema ini mengajak seluruh siswa kelas 7 SMPK PENABUR Kota Wisata untuk selalalu “CARE”. Character Building yang dilakukan pada tanggal 07 Agustus 2015 di Taman Buah Mekarsari ini menjadi moment penting bagi pembentukan character siswa kelas 7 ketika masuk dan menjadi bagian dari civitas akademika SMPK PENABUR Kota Wisata.

Hal yang menarik dari kegiatan Character Building ini adalah pembentukan karakter dilakukan melalui games-games menarik. Tiga buah games dipandu dari pihak Mekarsari dan empat buah games dibawakan oleh kakak-kakak OSIS SMPK PENABUR Kota Wisata masa jabatan 2014-2015. Games-games ini membantu peserta didik untuk bekerjasama, bekerja keras, tangguh ketika menghadapi rintangan ataupun kesulitan, serta penanaman I CARE dalam diri peserta didik.

Pembentukan karakter merupakan langkah awal yang sangat penting bagi siswa kelas 7 ini ketika masuk dan menjadi bagian dari SMPK PENABUR Kota Wisata. Setiap siswa yang masuk membawa kultur tersendiri dari Sekolah Dasar semula. Dalam hal ini, kegiatan Character Building mengajak setiap siswa kelas 7 untuk untuk bisa mengenal dan beradaptasi dengan kultur yang ada di SMPK PENABUR Kota Wisata.

Setelah siswa mengikuti berbagai games, mereka makan bersama, duduk berputar dan didampingi oleh kakak mentor. Kegiatan makan bersama juga dikemas dengan bentuk yang berbeda. Setiap siswa diwajibkan untuk membawa makanan sendiri dari rumah berbentuk makanan sehat dan dimakan bersama dalam satu kelompok. Sekolah menyediakan snack berupa snack rebus-rebusan. Hal ini dilakukan untuk mengajak setiap siswa menjaga jenis asupan makannya. Makan bersama ini menjadi point penting dalam kegiatan ini karena disinilah setiap siswa berbagi dan membangun komunikasi yang baik dengan teman ataupun dengan kakak-kakak mentornya.

Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 08.00 sampai 13.00 ini dirasakan cukup menarik oleh siswa. Siswa dapat berdinamika bersama untuk menjadi tim yang solid dan memenangkan games yang ada disetiap pos. Bahkan, mereka menemuka adanya edukasi yang menarik ketika berkeliling menggunakan kereta keliling untuk melihat berbagai jenis tanaman yang ada di Taman Buah Mekarsari.

Pengembangan karakter siswa kelas 7 tidak hanya berhenti sampai di kegiatan ini saja. Sekolah akan terus berupaya untuk menanamkan karakter yang baik bagi siswa melalui basis kelas, basis komunitas, dan basis kultur sekolah. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi langkah awal yang baik bagi SMPK PENABUR Kota Wisata untuk terus mengembangkan karakter pada setiap siswa. Tuhan Memberkati.

DSC02455 DSC02483 DSC02505