STUDI WISATA SMPK PENABUR KOTA WISATA

Studi Wisata SMPK PENABUR Kota Wisata yang mengusung Tema FUSION ( Fun with cUlture, Science, hIstory of tWo Nation) berlangsung selama dua hari dan telah dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa, 09 dan 10 November 2015. Kegiatan ini diikuti oleh 190 siswa, 14 guru, 1 office boy, 1 satpam SMPK PENABUR Kota Wisata; 10 siswa, 1 guru SMPK PENABUR Depok; 18 siswa, 2 guru, 2 pemandu North Vista Secondary School. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa akan budaya sunda, meningkatkan rasa cinta tanah air melalui pengenalan sejarah, budaya dan teknologi.

Hari pertama, 8 bus berangkat dari Kota Wisata menuju Istana Bogor. Sedangkan 1 bus lagi menjemput rombongan siswa Singapore. Sesampai di Istana Bogor langsung menuju Balai Kirti, siswa dibagi dalam tiga grup untuk mengelilingi balai tersebut. Di balai Kirti siswa diperkenalkan tentang sejarah kenegaraan Indonesia mulai dari masa kemerdekaan sampai sekarang. Balai ini dibagi menjadi 3 lantai, lantai pertama Galeri Kebangsaan, Lantai kedua Galeri Kepresidenan dan Lantai ketiga taman terbuka.

Setelah puas mengelilingi balai Kirti, kami langsung menuju Kampung Budaya Sindang Barang yang berlokasi di Desa Pasir Eurih, Taman Sari. Hujan menemani kami sepanjang perjalanan sehingga mengganggu perjalanan menuju Sindang Barang. Sesampainya di Sindang Barang, kami menikmati makan siang yang sudah disediakan. Kemudian siswa dibagi kedalam 6 grup, mereka mendapatkan pemaparan tentang Sejarah Sindang Barang, membuat wayang dari padi, membuat terompet, belajar angklung gubrak, belajar silat, belajar jaipongan. Sementara permainan kahulinan barudak dan marak laut (menangkap ikan) tidak jadi dilaksanakan karena cuaca yang kurang baik.

Perjalanan dilanjutkan menuju penginapan di Villa Ratu yang berlokasi di Desa Pancawati, Caringin. Sesampai di Villa kami langsung menyantap makan malam, kemudian menuju kamar masing-masing sekalian mandi, dan kemudian siswa mengikuti games, hingga hari pertama dapat dijalani dengan baik.

Hari kedua perjalanan menuju museum PETA (pembela tanah air), setelah puas berkeliling di museum PETA, perjalanan dilanjutkan ke PP IPTEK di Taman Mini Indonesia Indah. Di PP IPTEK siswa mendemonstrasikan sendiri peralatan yang tersedia, hampir 300 an yang dipamerkan. Kemudian dilanjutkan makasn siang, setelah itu kami menuju Museum Penerangan yang berlokasi TMII juga. Di museum itu kita disuguhi berbagai perkembangan penyiaran di Indonesia dan kita diperkenankan memasuki mini teater di Museum Penerangan tersebut. Setelah mengelilingi museum tersebut, kita langsung kembali ke SMPK PENABUR Kota Wisata membawa segudang cerita.

Semoga studi wisata untuk tahun ajaran 2015-2016 ini membawa dampak positif bagi siswa, siswa boleh belajar tentang budaya sunda, belajar tentang sejarah Indonesia, belajar tentang sains dan teknologi serta siswa boleh belajar dari setiap kegiatan yang sudah berlangsung.