COMMUNITY SOCIAL PROJECT SMPK PENABUR KOTA WISATA

Community Social Project (CSP) I pada Tahun Pelajaran 2015/2016 dilaksanakan pada tanggal 5-7 Oktober 2015. CSP I merupakan kegiatan sosial yang dilaksanakan secara rutin oleh peserta didik SMPK Penabur Kota Wisata saat mereka melaksanakan liburan mid semester. Kegiatan CSP kali ini memiliki tema ‘I Care’.

Setelah 3 bulan mengikuti kegiatan belajar mengajar dan selama seminggu mengikuti Ujian Tengah Semester I ini, peserta didik kelas 7,8, dan 9 sejumlah 448 orang memiliki kesempatan untuk libur selama 3 hari. Libur mid semester I ini merupakan kesempatan yang luar biasa untuk boleh dipergunakan bersosialisasi dengan lingkungan terdekat para peserta didik.

Para peserta didik diberikan surat pengantar oleh sekolah untuk membantu masyarakat atau komunitas tertentu yang membutuhkan uluran tangan mereka. Untuk kelas 7 dan 8, mereka boleh memilih untuk memulai kegiatan social ini di lingkungan terdekat mereka, seperti tetangga atau teman sekitar yang membutuhkan bantuan. Khusus untuk kelas 9, kegiatan CSP ini sudah 2 tahun mereka lakukan, sehingga mereka dapat memilih komunitas social yang resmi seperti panti asuhan, rumah sakit, ataupun rumah bac yang ada di lingkungan mereka.

Kegiatan CSP ini sangatlah berdampak positif bagi para remaja sekarang ini dimana mereka dapat memberikan waktu mereka untuk melayani orang-orang yang butuh uluran tangan dalam bidang yang mereka bias lakukan. Sesuai dengan visi misi SMPK Penabur Kota Wisata untuk menghasilkan pemimpin yang melayani, kegiatan CSP ini sangatlah menarik hati para peserta didik. Mereka sangat antusias untuk memberikan waktu liburan mereka selama 2 jam/ hari guna melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi sekitar mereka.

Kegiatan CSP ini sudah berlangsung dengan sangat baik. Hampir seluruh peserta didik melakukan kegiatan CSP ini dengan rutin selama 3 hari dan mengumpulkan laporan kegiatan CSP mereka kepada wali kelas masing-masing. Beberapa kegiatan sscial yang mereka lakukan misalnya; membantu mengurus anak-anak yatim piatu, mengurus para lansia di panti jompo, mengajar baca dan tulis, membantu para penyapu jalanan untuk membersihkan lingkungan dan banyak hal positif lainnya.

SMPK Penabur Kota Wisata akan terus melaksanakan program yang sangat baik ini agar kehidupan sosial para remaja ini semakin bermanfaat bagi sekitarnya, semakin berkenan di hadapan Tuhan, dan menjadikan mereka teladan bagi para remaja lain yang ada di sekitar mereka.