TGISP – 1 SMPK PENABUR KOTA WISATA TAHUN PELAJARAN 2016 – 2017

Kamis, 6 Oktober 2016 telah dilaksanakan kegiatan TGISP – 1 (Tutorial Group In Science Programme). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula lantai 8 PENABUR Kota Wisata. Adapun peserta yang ikut dalam kegiatan ini adalah peserta didik kelas 7 dan 8 SMPK PENABUR Kota Wisata, dengan jumlah 360 peserta. SMPK PENABUR Kota Wisata dalam kegiatan ini bekerjasama dengan Planet Sains – Bandung.

Kegiatan TGISP ini bertujuan untuk :

  1. mengenalkan dan mempelajari science
  2. meningkatkan keingintahuan dan kecintaan peserta didik terhadap science, serta
  3. meningkatkan keterampilan science para peserta didik.

TGISP – 1 ini dibagi ke dalam 2 sesi yaitu sesi pertama (kelas 7) dan sesi kedua (kelas 8). Sesi pertama yaitu kelas 7 berlangsung dari pukul 08.00 sampai pukul 10.00 WIB. Sedangkan kegiatan untuk sesi kedua yaitu kelas 8 berlangsung dari pukul 11.00 sampai pukul 13.00 WIB. TGISP – 1 ini dipandu dari Tim Planet Sains – Bandung.

Untuk sesi pertama (kelas 7) dibuka oleh Sir Fajar selaku MC di Aula lantai 8 PENABUR Kota Wisata dengan doa. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua panitia yaitu Josevina Nadeak,S.Pd yang memberikan penjelasan kepada siswa-siswi tentang TGISP dan tujuan diadakannya kegiatan ini. Kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan Kakak-kakak dari Planet Sains dan dilanjutkan dengan melakukan eksperimen yang pertama yaitu membuat ‘’detektor bahaya banjir’’. Para siswa secara berkelompok dibagikan alat dan bahan dan mereka merancang sebuah alat detektor banjir yang dibimbing oleh kakak-kakak dari planet sains dalam waktu 30 menit. Setelah selesai eksperimen yang pertama, maka dilanjutkan dengan eksperimen yang kedua yaitu menguji bahaya asap rokok terhadap paru-paru. Eksperimen ini dilakukan diluar aula ( lapangan terbuka) dan para siswa memakai masker sembari melakukan dan memperhatikan perubahan warna kapas yang terpapar asap rokok. Kedua eksperimen berlangsung 2 jam kemudian siswa kelas 7 kembali ke kelas dan beristirahat.

Sesi kedua (kelas 8) dibuka oleh Miss Natalia dengan menyapa para siswa-siswi kelas 8. Kemudian dilanjutkan dengan berbagi pengalaman tentang fisika dengan para siswa-siswi. Ketika menunjukkan pukul 11.00 WIB acara langsung diserahkan ke kakak-kakak Planet Sains dengan dibuka oleh Kakak Fitria. Kegiatan yang pertama yaitu dengan melakukan eksperimen gerhana bulan dan dilanjutkan dengan motor kawat sederhana. Acara ditutup dengan ucapan terimakasih kepada kakak-kakak Planet Sains kemudian pembagian hadiah kepada para siswa-siswi yang berhasil tercepat dalam merancang model gerhana bulan dan motor kawat sederhana. Kegiatan berlangsung selama 2 jam. Kemudian kegiatan ditutup dengan doa. Setelah doa para siswa-siswi kembali ke lantai 4 untuk beristirahat sebelum melanjutkan kegiatan belajar mengajar.

Berikut ini daftar judul eksperimen :

No

Kelas

Judul Eksperimen

1

 

Kelas 7

Detektor Banjir Sederhana
Uji Bahaya Asap Rokok Terhadap Paru-paru

2

Kelas 8

Model Gerhana Bulan
Motor Kawat Sederhana

Tutorial Group In Science Programme memberikan dampak yang positif dan luar biasa bagi perkembangan potensi science para penerus bangsa. Majulah anak-anak Indonesia. Jadilah pemimpin yang tetap melayani dan rendah hati.

 

Gambar Kegiatan Kelas 7

kls7kls72kls73kls74

 

 

Gambar Kegiatan Kelas 8

kls8 kls82 kls83 kls84