Winter Camp SMPK PENABUR Kota Wisata goes to China

Day 1 tanggal 19 Desember 2017, sekolah BPK Penabur mengadakan winter camp ke China. Sebelum itu kami berkumpul di bandara Soekarno Hatta terminal 3 gate 2B. Sambil kita menunggu boarding, kita berfoto bersama terlebih dahulu dan mengucapkan selamat tinggal ke orang tua kami.

Selama di dalam pesawat, kami senang sekalidan kami saling berkenalan dengan teman yang duduk di sebelahnya. Perjalanan dari Jakarta ke Xiamen, China lebih kurang 5 jam. Setelah lebih kurang 5 jam, akhirnya kami mendarat di Xiamen Gaoqi International Airport. Kami berkumpul terlebih dahulu untuk menunggu bus setelah pengecekan imigrasi. Lalu kami menuju ke bus dan mulai city tour  Xiamen dan pergi ke universitas Xiamen. Selama di bus, kami diperkenalkan oleh tour guidenya mengenainegaraChina. Meskipun yang kita kunjungi kota Xiamen, tapi kita juga harus tahu tentang negara China. Sesampai di tempat kami keliling, kami diajak jalan-jalan untuk menikmati suasana China, kami juga diperlihatkan sebuah sungai. Sangatlah indah saat menjelang sore. Kami semua berfoto dengan pemandangannya yang indah. Setelah kami city tour, kami makan malam di resturant hotel, dan sesudahnya kami beristirahat di kamar masing-masing.

Day 2 tanggal 20 Desember 2017, kami morning call jam 06.00 kemudian kami sarapan pagi. Setelah selesai sarapan kami berkumpul di lobby hotel untuk bersiap-siap pergi ke pelabuhan. Lalu kami jalan menuju ke pelabuhan, karena kami akan menyeberang ke GULANGYU ISLAND dengan menggunakan kapal Ferrykurang lebih 5 menit. Di kapal, kami bisa melihat gedung-gedung pencakar langitkota Xiamen dan berfoto.Setelah kamitiba di Gulangyu island, kami berkeliling di Gulangyu island dengan menggunakan mobil listrik.Kami disana melihat pemandangan yang sungguh indah dari kota  Xiamen. Sambil keliling pulau Gulangyu, kami dijelaskan  bahwa pulau ini terkenal dengan pantainya dan banyak penduduk yang tinggal di pulau Gulangyu karena pulau ini sangat dikagumi oleh banyak orang dan sangat baik untuk tempat tinggal. Karenanya mereka nyaman tinggal disitu.

Setelah kami berkeliling di pulau tersebut, kami kembali ke Xiamen dengan menggunakan kapal ferry lagi. Sampai di Xiamen, kami makan siang terlebih dahulu sebelum kami shopping di Zhongshan road. Kami makan di seafood restaurant. Selesai makan kami diajak ke sebuah danau yang ditengahnya ada sebuah patung perempuan yang sedang merapikan rambutnya.Kemudian kami melanjutkan perjalanan ke Zhongshan road. Disana kami akan membeli oleh-oleh untuk keluarga, kami dikasih kesempatan 2 jam. Disana banyak orang yang menjual makanan yang enak lho dan kalian boleh mecobanya. 2 jam kemudian, kami bekumpul lagi di tempat yang sudah ditentukan oleh tour guidenya. Lalu kami kembali ke bus dan menuju ke hotel untuk makan malam dan beristirahat. Sebelum kami tidur, kami melakukan packing karena besok kami akan  ke kota Fuzhou.

Day 3 tanggal 21 Desember 2017, morning call seperti kemarin dan kami sarapan pagi. Hari ini hari terakahir kita Xiamen, tetapi kami tidak langsung berangkat ke kota Fuzhou namun kami akan ke museum terlebih dulu.Sebelum kami berangkat, laoshi melakukan checkout hotel. Selesai melakukannya, kami segera berangkat kemuseumHuihe Stone Cultural Park. Museum ini berisikan batu-batu China zaman dulu dan cara memahatnya. Museum ini bertujuan untuk pertukaran budaya, ilmu pengetahuan, wisata dan rekreasi serta pendidikan sains dan populer sebagai kampus yang komprehensif.

Day 4 tanggal 22 Desember,dimulai dengan acara   pembukaan terlebih dahulu dan kami berfoto bersama.Kemudian kami bersiap-siap ke Wuyishan (yang disebut kota teh) dengan sarapan terlebih dahulu.Kami berangkat ke Wuyishan jam 14.35 dengan naik kereta api. Sekitar 1 jam kami tiba diWuyishan. Malam nanti kami berencana pergi ke Dahongpao.

Sebenarnya Dahongpao itu adalah perkebunan teh yang tumbuh di pegunungan Wuyishan. Ada kisahnya sebelum dikenal dengan Dahongpao tea.Kami dijelaskan bahwa berdasarkan “Rumah Leluhur Lin Wenzhong” yang dibangun pada tahun 1905, Balai Peringatan Lin Zexu di Kota Fuzhou memulai pembangunan pada tahun 1961 dan dibuka untuk umum pada tahun 1982, termasuk Rumah Lin Zexu dan Kuil Unit Perlindungan Relik Budaya Kunci Nasional (Tempat Lahir Lin Zexu dan Studi Anak Kantor, bekas kediaman Lin Zexu dan Lin Leluhur Qing Wenzhong). “Sejarah Pameran Lin Zexu” dan “Balai Pengobatan Anti-narkoba”, dan lain-lain, yang mencakup area seluas 15.000 meter persegi. Tempat ini merupakan tempat wisata kelas 5A nasional dan merupakan basis demonstrasi nasional untuk pendidikan patriotisme, basis demonstrasi pendidikan anti-narkoba nasional, basis demonstrasi pendidikan pertahanan nasional, sebuah masyarakat humanistik nasional Dasar pemasyarakatan ilmu pengetahuan, reformasi sistem budaya nasional sebagai unit maju, sistem budaya nasional basis pendidikan dan kesehatan bersih dan basis pendidikan pemerintah Provinsi Fujian yang bersih, dan kami juga menonton pertunjukan . Mereka menceritakan pada kami dengan drama dan tarian. Mereka hanya menampilkan di malam hari, karena sangat bagus saat di malam hari. Sekitar 1 jam, kami pulang ke hotel Wuyishan

Day 5 tanggal 23 Desember 2017, setelah kami breakfast, kami kembali ke Fuzhou, sebelum itu kami akan mengelilingi Wuyishan mountain dengan menaiki rakit.Satu rakit untuk 6 penumpang dan 2 orang pendayung dibagian depan dan belakang rakit, mereka tidak mendayung, tetapi mereka mendorong batu yang ada di dalam airnya. Sepanjang sungai Jiuqu kita bisa melihat gunung/bukit.

Day 6 tanggal 24 Desember 2017, kami akan pergi ke museum yang dijelaskan tempat kediaman Li zexu. Setelah itu kami shopping lagi di Fuzhou San Fang Qixiang, sekitar 3 jam. Selesai shopping, kami pergi ke museum kapal China zaman dulu. Setelah itu kami makan siang, setelah itu kami balik ke hotel, dan malamnya kami merayakan malam natal dengan membuat pangsit,makan bersama, karoke bersama.

Day 7 tanggal 25 Desember 2017, kami mulai belajar di kampus Fuzhou, pelajaran pertama kami akan membuat simpul china, kami diajari oleh laoshi kampus dan kakak-kakaknya. Setelah itu kami makan siang dan kami kembali belajar, pelajaran kedua adalah membuat teh,lalu kami makan malam dilanjutkan dengan wushu latihan pertama.

Day 8 tanggal 26 Desember 2017, kami belajar tentang Fuzhou, berapa ratus tahun yang lalu warga Fuzhou sekitar 500.000 orang penduduk. Orang inggris berharap Teh Wuyishan bisa ke Fuzhou-Bangkok-Inggris. Zaman dulu warga Spanyol dan Portugis sangat mengagumi jembatan karena mereka berkata jembatan itu sangat indah dan besar. Di Fuzhou ada 3 gunung, 2 menara, dan 1 sungai. Menara ada menara putih yang berwarna putih dan menara hitam yang berwarna hitam yang dibuat pada tahun 749. Gunung yang dimiliki Fuzhou adalah Gunung Fuzian. Setelah kami pelajari itu semua, kami makan siang dan istirahat, selesai makan kami bukan belajar, tetapi kami dikasih tau cara mengikuti lomba nanti, ada lomba fotogarafi, melukis, dan pidato. Lalu kami lanjut dengan wushu latihan kedua.

Day 9 tanggal 27 Desember 2017, kami belajar musik, kami dikasih alat musik asli china. Lalu kami makan dan beristirahat, lalu kami belajar nari.

Day 10 tanggal 28 Desember 2017, kami ada acara bebas, kami pergi ke  VR OFFICE, disana kami boleh mencoba tetapi cuman beberapa aja yang boleh. Kami juga diperlihatkan gimana daerahnya Fuzhou dengan miniatur. Lalu kami makan siang. Lalu kami bebas jalan jalan yang ada patung Mau Tze Tung. Kami dikasih 50 yuan/orang untuk dinner bebas. Kami juga bisa shopping disana

Day 11 tanggal 29 Desember, pagi-pagi kami bersiap kesekolah, kami belajar tentang topeng China, lalu kami makan siang dan istirahat, kami lanjutkan belajarnya yaitu kami membuat cap nama di batu. Setelah itu kami istirahat kembali karena nanti malam ada acara closing dan perpisahan. Laoshi dan panitianya persiapan dulu. Jam 18.00 kami melakukan closing, yang berpidato adalah Vincent (PGS). Setelah itu, acara perpisahan, yang akan tampil adalah PKW dan PHI menampilkan tari Papua dan vocal group dari P4 menyanyikan lagu yang berasal dari Indonesia. Kami semangat banget untuk memperlihatkan seni budaya Indonesia kepada China dan Malaysia. Di akhir akhirnya, kami pada sedih, tukar oleh-oleh dan berfoto bareng karena hari ini hari terakhir kita di China.

Day 12 tanggal 30 Desember 2017,  pagi sampe siang kami bebas beli-beli apapun di depan hotel, ada juga yang packing, nongkrong bareng teman untuk terakhir kalinya. Jam 14.00 kami bersiap-siap ke bandara, jam 15.00 sampai di bandara Fuzhou dan melakukan check in, kami berangkat dari Fuzhou jam 19.00 dan tiba di Jakarta jam 23.30 malam.